KISAH KLASIK

Juni 24, 2008 pukul 5:05 am | Ditulis dalam Uncategorized | Tinggalkan komentar

Oleh Kang Bayu, S.Pd.

Kisah klasik internal Lembaga Dakwah Kampus adalah berkutat seputar ketersediaan Sumber Daya Manusia dan keadaan Finansial yang cenderung sulit, sehingga kedua hal tadi menjadi salah satu alasan stagnasi dalam Dakwah Kampus. Kedua hal tadi, di hampir semua LDK, menjadi bahan pikiran para petingginya sehingga cukup membuat kening berkerut.

Kurangnya Sumber Daya Manusia berkualitas yang dibutuhkan untuk menempati pos-pos tertentu menjadi hal yang, sedikit banyak, menakutkan bagi sebagian LDK. Hal ini memang sebuah kewajaran. Sebab, SDM merupakan hal yang sangat vital dalam Dakwah Kampus. Hidup dan matinya LDK ada pada ketersediaan SDM yang cukup. Hal tersebut juga sejalan dengan statement yang menyatakan bahwa LDK adalah organisasi kader yang mengikuti arah kondisi kader atau para anggotanya.

Ditambah pula permasalahan finansial yang sering kali menjadikan Aktivis Dakwah Kampus tertegun lama untuk memikirkan jalan keluarnya. Permasalahan keuangan bisa menjadi pukulan yang berat ketika tidak ada arah manajemen yang baik.

Sebetulnya kedua permasalahan tadi adalah permasalahan cabang. Akar permasalahan sebetulnya adalah karena minimnya pengetahuan dan pemahaman tentang watak Dakwah Kampus. Bahwa Dakwah kampus membutuhkan bukan hanya kader yang memiliki tsaqafah Islamiyyah yang tinggi, tapi juga membutuhkan kader dengan wawasan manajemen kelembagaan yang luas.

Menyikapi hal ini, Tim Puskomda berupaya agar terjalin kesepahaman bersama dengan menyediakan sarana berupa pembagian wilayah dengan sebuah BP (Badan Pekerja) Puskomda di tiap wilayah. Rekomendasi kepada setiap BP Puskomda agar mengadakan pertemuan dwi-pekanan dengan semua LDK yang berada di wilayahnya. Diharapkan dengan pertemuan tersebut para Aktivis DK mampu untuk saling menasehati dalam bingkai ukhuwwah Islamiyyah dan mampu untuk berbagi informasi dan bertukar pikiran dalam rangka akselerasi manajemen DK yang efektif.

Ikhwah fillah…

Saatnya berbagi…

Berkomunikasi…

Bersinergi…

Bersama kita wujudkan Lembaga Dakwah Kampus yang Mandiri, Profesional, dan Regneratif!

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: