EMPAT PERTANYAAN DI HARI KIAMAT

Juni 24, 2008 pukul 5:20 am | Ditulis dalam Uncategorized | Tinggalkan komentar

Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan keni’matan yang begitu banyak kepada kita, terutama ni’mat Iman, Islam, dan juga sehat wal ‘afiat.

Kesehatan adalah sesuatu yang sangat berharga, berapa banyak saudara-saudara kita yang mengeluarkan uang banyak untuk mengobati penyakitnya. Berapa banyak pula diantara mereka yang tidak mampu membawa anaknya atau saudaranya ke RS karena keterbatasan biaya. Sekali-kali berkunjunglah ke RS untuk menjenguk saudara, kerabat atau teman yang sedang sakit atau sekedar untuk mendapatkan pencerahan tentang pentingnya kita menjaga kesehatan dan mensyukuri ni’mat dari Allah Swt.

Kesehatan dan waktu luang adalah dua ni’mat yang sering manusia lupakan. Mentang-mentang masih sehat dan punya banyak waktu, seseorang banyak berbuat maksiat, seseorang menghabiskan waktunya untuk sesuatu yang mengundang murka Allah Swt. Ada orang yang bilang, “Selagi masih muda maksiat dulu aja, nanti aja deh taubatnya kalau sudah kepala lima puluh (50). Padahal siapa coba yang dapat menjamin dirinya dapat hidup 10, 20, atau 30 tahun lagi, jangankan sepuluh tahun, bisa jadi sewaktu ia berbicara dengan kesombongannya tadi, Allah cabut nyawanya, naudzubillahi mindzalik.

Di akhirat nanti, manusia bakalan dimintai pertanggungjawaban dihadapan Allah swt. mereka akan dihadapkan dengan empat pertanyaan.

Pertama: Selama kamu hidup di dunia, kamu ngapain aja (‘an ‘umrihi fiima afnaah). Apakah untuk amal kebaikan ataukah untuk keburukan ? layaknya seorang bos yang memerintahkan karyawannya pergi ke suatu tempat untuk melakukan promosi sekaligus penjualan produk, maka setelah pulang nanti ia akan ditanya bagaimana hasilnya ? apa yang kamu lakukan di sana ? maka pantas kalau Allah meminta pertanggungjawaban dari kita tentang umur yang diberikan-Nya.

Kedua: Badannya dipergunakan untuk apa (‘an jismihi fiima ablah). Kata Allah, “mata yang aku berikan apakah untuk melihat hal yang baik-baik atau yang diharamkan ?”, “mulut yang Aku berikan kepadamu, kau pergunakan untuk menyampaikan kalimat yang haq atau justru menggunjing sesamamu ?” “kaki yang aku kasih padamu, apakah kau pakai untuk berjalan ke tempat yang baik atau ke tempat maksiat ?” kemaluan yang aku berikan untuk keni’matanmu, apakah engkau salurkan secara benar atau kau salahi ?” dan masih banyak lagi. Mari kita sama-sama interospeksi.

Ketiga: Tentang harta yang kau miliki, darimana didapatkan dan kemana dikeluarkan (wa ‘an maalihi min ayna iktasabahu wa fiima anfaqohu). Akan begitu sulit menjawab pertanyaan ini dan membutuhkan waktu yang lama bagi mereka yang punya harta dari hal-hal yang syubhat atau malah haram serta mereka keluarkan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat atau malah menjerumuskannya ke dalam dosa, maka celakalah mereka. Berbeda dengan mereka yang mendapatkan harta nya secara benar (tidak dengan cara yang bathil) dan mereka keluarkan untuk fii sabilillah, maka beruntunglah mereka.

Keempat: Ilmu yang dimiliki untuk apa digunakan (wa ‘an ilmihi fiima fa’ala). Ilmu yang dianugerahkan oleh Allah, apakah untuk kepentingan dan kebaikan bagi umat manusia atau justru malah menghancurkan dan merusaknya. Oleh karena itu orang yang punya ilmu yang bermanfaat jangan menyembunyikannya akan tetapi sebar luaskanlah untuk sebesar-besar kemakmuran dan kesejahteraan umat manusia.

Demikianlah, pertanyan-pertanyaan yang akan dihadapkan kepada manusia di akhirat kelak, termasuk kepada kita. Jawaban atas keempat pertanyaan tadi akan menentukan posisi kita selanjutnya; apakah mendapat ridho-Nya atau sebaliknya, apakah di surga ataukah di neraka. Karena itu mari kita pergunakan hidup kita, jasad kita, ilmu dan harta yang kita miliki untuk kebaikan di dunia dan di akhirat. Insya Allah. Wallahu’alam bi ash-Showab

Sumber: Buku Hikmah Dari Langit, Ust Yusuf Mansur (Hafidzohullah)

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: