TIGA KIAT MENJADI MAHASISWA BERPRESTASI

Maret 21, 2008 pukul 6:33 am | Ditulis dalam Uncategorized | 16 Komentar

Oleh : Arif Apriansyah[1]

Kuliah berjuta rasanya. Ada yang bilang kuliah itu asyik, banyak temen and saudara, tempat nyari jodoh (banyak juga loh yang sekarang suami-istri satu almamater), tapi ada juga yang berkomentar ‘nggak mau ah dapet jodoh se-kampus (kebanyakan kali… bayangin se kampus :-)), tempatnya merubah diri, suatu kesempatan yang berharga, beda banget ama sekolah dulu di SMA/MA, tempat buat men-tarbiyyah ato ngembangin diri, bisa lebih dewasa, salah satu jembatan menuju kesuksesan, dan beragam komentar lainnya. Nah… Bagaimana dengan tujuan or motivasi ato harapan temen-temen selama kuliah nanti ? Buat CARI ILMU ato … ?!

Ana (saya) ingin berbagi pengalaman sama temen-temen. Pengalaman yang akan ana bagikan seputar tips and trik menjadi mahasiswa yang berprestasi selama kita kuliah. Semoga bisa kita amalkan bukan sekedar kata-kata.

Pertama : Bangunkan diri dengan motivasi kesyukuran.

Dari sekian banyak manusia kita termasuk hamba-hamba pilihan Allah yang beruntung. Kita masih diberikan kesempatan oleh Allah buat ngerasain bangku kuliah (bangku kuliah… gmana yah rasanya ? manis, pahit, atau…). sementara saudara-saudara kita yang lain jangankan kuliah untuk makan sehari-hari aja sulit. Makanya… yuuk kita syukuri salah satu ni’mat ini ! Syukur merupakan sumber motivasi diri. Ia (syukur) akan membawa kita ke dunia sungguh-sungguh, berprestasi, dan menjaga amanah orang tua kita (inget ga apa amanah ortu kita…?! lulus cepet, dapet pekerjaan atau membuka lapangan pekerjaan yang oke, and nikah, truz punya anak, punya rumah dan lain sebagainya). Katanya sih ada korelasi (kaitan/hubungan) antara cepet lulus dengan cepet nikah, bener ga yah…? (kok.. ke nikah sih..)

Kedua : Bawalah diri kita ke hal-hal yang positif

Setelah kita bersyukur, maka wujudkan rasa syukur itu dengan sesuatu yang baik contohnya : a) Mengupayakan sholat agar bisa khusyu, tilawah (baca qur’an) ditingkatin plus ngafalin sebagian atau seluruh ayat-ayat al-Qur’an, sholat sunnah juga jadi agenda (dhuha, qobliyyah-ba’diyyah, ato tahajud), gak ketinggalan juga dzikir di waktu pagi dan petang, selain itu b) Memaksakan diri untuk banyak membaca buku dan menulis (imam Al-Ghazali mengatakan jihad asy-syabab al-Qiro’ah wal kitabah), berikutnya c) Upayakanlah diri kita untuk hadir truz di kelas sewaktu jam kuliah, kalaupun absen jangan lebih dari 2 kali kecuali sakit ato ada urusan yang ‘nggak bisa ditinggalin (ma’lum orang sibuk), hal-hal positif lainnya adalah d) Datang ke kelas ga pake telat (GPT) alias tepat waktu (Imam syahid Hasan al-Banna mengatakan al-Waqtu huwal hayat -waktu adalah kehidupan-, orang yang dapat mengisi waktunya dengan baik maka hidupnya akan baik sebaliknya orang yang menyia-nyiakan waktu adalah orang yang menyia-nyiakan keagungan Allah). Selanjutnya e) Berusahalah buat ngerjain tugas-tugas kuliah dengan baik dan tepat waktu, ambil hati dosen-dosen mu dengan ketaatan kita kepada mereka, insya Allah berkah. f) Ciptakan lingkungan yang kondusif; rumahmu syurgamu kampusmu madrasahmu. g) Berorganisasi (nah ini juga penting loh sebagai ajang pengembangan potensi diri. Alhamdulillah kami merasakan aktifnya kita di organisasi tidak membuat jeblok nilai kuliah justru sebaliknya kitalah bintang nya.

Ketiga : Mintalah do’a dan restu ortu

Subhanallah… senengnya kalo kita dapet do’a dan restu ortu. Pastinya Allah akan ridho dengan aktivitas yang kita lakukan (amin), ridollah fii ridhol waalidain. Klo ortu temen-temen sudah kembali kepada Allah (meninggal dunia), janganlah engkau bersedih hati (la tahzan) banyak yang bisa temen-temen lakuin misalnya doakan mereka atau buktikan klo temen-temen adalah anak yang bisa berbakti kepada mereka dengan pretasi terbaik yang temen-temen torehkan.

Itulah tiga kiat praktis yang bisa temen-temen coba semasa kuliah. Jadikan masa-masa ini adalah masa terindah dalam kehidupanmu. Bukankah kesempatan itu nggak datang dua kali. Semoga Allah memudahkan segala urusan kita dan menjadikan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang sholih dan sholihah.

Wallahu’alam bi ash-Showab.


[1] Mahasiswa Teladan 2006 (sekarang masih kuliah semester VIII Fakultas Agama Islam Program Studi Ekonomi Syari’ah). Ketua Umum Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Intisyar UIKA Bogor Masa Amanah 2007.

16 Komentar »

RSS feed for comments on this post.

  1. yang terpenting, komitmen berbuat amal kebaikan dan produktif dalam membangun prestasi.

  2. Shallom, salam sejahtera.
    makasih banget utk saran na, ud ngingetin sy utk balik k jalan yang lebih benar (kek na skarang ud cukup benar)

  3. intinya, bentuk kepribadian..

  4. mbaaaaaaaaaa…. tlong add fb / email q yakkk
    indriworo@rockatmail.com
    pengen kaya mbaaaa… hohohoho

  5. Salam sejahtera bwat smua yang baca artikel di atas.
    emang sih kalo diresapi kita emank perlu bgt bersyukur karena syukur menjauhkan dr dari negative thinking….

  6. and wat smua yang pngend krim comend k fb aquw..miaendahningrum@yahoo.com

  7. hdup bukanlah untuk di sesali meskipun terkadang harapan hanyalah sebongkah ilusi sesaat namun dengan harapan maya itulah kita bisa menyikapi bahwa dengan hidup kita dapat terus berharap dan terus berjuang……
    miaendahningrum@yahoo.com

  8. thanks ya mbak

  9. mbak bsa tlong aq ngak…..

  10. q leh gabung ngk….

  11. kiat yang bagus untuk di jalankan ,,
    terimah kasih ,,
    saya akan coba tips dari kk .
    dan semoga saya bisa berhasil menjadi mahasiswa berprestasi seperti cita2 saya ,,
    amiiien ,,

  12. maksih banget ats sararannya,mudah-mudahan sya dpat menjalankannya dengan baik….amin

  13. Assalamualaikum…

    Tips nya beda dari kebanyakan tips2 yg aku pernah baca. Menarik, aplikatif, dan komprehensif!! salam kenal ya, aku dari UMM (Univ Muhammadiyah Malang), kita sefakultas, aku Manajemen.
    semoga bermanfaat and trimakasih!!

  14. semoga tipsnya bisa diaplikasikan dan membawa kepada kesuksesan……

  15. i’ll try it:)

  16. Allhamdlh, puji syukur kpd Allah Swt dan salawat serta salam kpd Rasullulah Saw…Saya sgt setuju plus seneng bgt dgn 3 trik tersebut.Semga saya bs menjalankan nya.AMIN YA ALLAH


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: